Selasa, 02 Agustus 2011

Jelang Kesepakatan Debt Ceiling, Wall Street Negatif

Headline
INILAH.COM, New York - Bursa saham Amerika Serikat ditutup melemah pada perdagangan saham Senin (1/8).

Hal ini dipengaruhi kesepakatan untuk menghindari gagal bayar semakin mendekat dan ekonomi menunjukkan tanda stagnan. Bursa saham melemah sehari sebelum Kongress diharapkan dapat melakukan voting pada Senin dengan pemerintah termasuk memotong belanja US$2,4 triliun lebih dari 10 tahun. Waktu deadline kesepakatan termasuk menaikkan limit pinjaman Amerika Serikat hingga Selasa tengah malam.

"Pelaku pasar meyakini batas utang akan dinaikkan, voting ini akan positif untuk senat dan pemerintah tetapi masih ada skeptis," ujar Chief Invesment Officer LLC Hugh Johnson, seperti dikutip dari yahoofinance.com.

Saham juga turun setelah the Institute for Supply Management mengatakan, sektor manufaktur Amerika Serikat tumbuh melambat selama dua tahun ini pada Juli. Laporan ISM juga diikuti laporan dari Asia dan Eropa. Sektor perawatan kesehatan dan pertahanan akan menjadi subyek pemotongan budget Amerika Serikat apabila kesepakatan tidak diraih. The iShares Dow Jones US aerospace dan defense exchange traded fund turun 1,1% sementara indeks S&P's healthcare turun 1,7%.

Saham healthcare turun setelah the Centers untuk Medicare and Medicaid Services menyatakan, akan memotong fasilitas pelatihan keperawatan sebesar 11%. Saham Kindred Healthcare turun 30% dan Skilled Healthcare turun lebih dari 43%.

Indeks Dow Jones turun 10,75 poin atau 0,09% ke level 12.132,49. Indeks S&P 500 turun 5,34 poin atau 0,41% ke level 1.286,94. Indeks Nasdaq turun 11,77 poin atau 0,43% ke level 2.744,61. Saham diperdagangkan dengan rentang lebar. Bursa saham yang bergerak rally dimulai di Asia dipengaruhi akan ada kesepakatan mengenai utang. Bila pembuat kebijakan menyetujui kesepakatan utang sebelum Selasa maka Amerika Serikat akan terhindar dari gagal bayar utang. Meski default tidak disukai oleh banyak investor tetapi lembaga rating akan melanjutkan penurunan rating Amerika Serikat yang memberikan sentimen negatif ke pasar saham.

Saham United Health turun 3,2% ke level US$48,02 sementara Humana Inc turun 3% ke level US$72,36 meskipun Humana melaporkan keuntungan kuartal kedua lebih tinggi dari yang diharapkan. Saham Pfizer ke level US$19,01. Sementara itu, volume perdagangan saham sekitar 8,3 miliar saham di bursa saham New York, NYSE Amex dan Nasdaq di atas rata-rata harian sekitar 7,48 miliar. [cms]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar