Selasa, 02 Agustus 2011

Spekulasi intervensi oleh pemerintah Jepang akan bikin yen melemah hari ini

Spekulasi intervensi oleh pemerintah Jepang akan bikin yen melemah hari ini
JAKARTA. Minat investor terhadap mata uang safe haven belum hilang. Salah satunya yen. Pagi ini, pergerakan yen terus menguat, meskipun kongres AS sudah menyepakati batasan utangnya untuk menghindari default. Pairing (USD/JPY) pada pukul 10.25 WIB menguat 0,373% ke posisi 77,4997 yen.

Nurul Eti Nurbaeti, Kepala Riset Divisi Treasury Bank BNI memprediksi, hari ini yen akan bergerak dengan kecenderungan rangebound hingga melemah.

Ada beberapa alasan yang mendasari hal itu. Pertama, Bank Sentral Jepang diperkirakan akan terus memberlakukan pelonggaran kebijakan moneter dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi Jepang yang kian rapuh, ditambah lagi jika yen Jepang terus mendominasi. Kedua, sinyal penambahan pembelian aset sebesar 5 triliun yen hingga 10 triliun yen oleh Bank of Japan (BoJ) pun muncul.

"Intervensi pun siap dilakukan pemerintah Jepang pada pasar mata uang untuk melemahkan yen yang bergerak mendekati rekor tinggi terhadap dollar AS," urainya.

Nurul meramal, pergerakan yen terhadap dollar hari ini akan bergerak menuju level resistance di 79, dengan strong resistancenya di 79,30. "Pasangan JPY/USD jika menguat akan bisa mencapai level 76,50-76,70," lanjut Nurul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar