Jumat, 12 Agustus 2011

Laba bersih ANTM di semester I naik 32%

Laba bersih ANTM di semester I naik 32%
JAKARTA. Adanya kenaikan permintaan membuat kinerja PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) terdongkrak. Dalam laporan keuangan unaudit ANTM, terlihat jika laba bersih perusahaan pelat merah tersebut mencapai Rp 997 miliar di semester I 2011. Angka tersebut naik 32% dibanding periode yang sama tahun lalu. Laba bersih ini ditopang penjualan bersih ANTM yang naik tipis 13% dari Rp 4,32 triliun manjadi Rp 4,88 triliun.

"Peningkatan profitabilits perusahaan kita ini didorong kenaikan penjualan feronikel," kata Direktur Utama ANTM Alwin Syah Loebis di Jakarta, Kamis (11/8). Dengan kenaikan penjualan bersih, laba usaha ANTM pun ikut terkerek menjadi Rp 1,27 triliun dari sebelumnya Rp 1,01 triliun. Sementara total kewajiban perusahaan nikel ini pun ikut melesat hingga 27% mengingat perusahaan memiliki beberapa proyek besar. Jika di semester 1 tahun lalu, kewajiban ANTM hanya Rp 1,97 triliun, di akhir Juni lalu kewajiban perusahaan menjadi Rp 2,49 triliun.

Kewajiban akan kembali bertambah dengan adanya rencana perusahaan mencari pinjaman sebesar US$ 1 miliar. Rencananya, dana sebesar US$ 350 juta akan dicari melalui penerbitan obligasi berjangka dalam bentuk rupiah dan sisanya merupakan skema pinjaman.

Dana tersebut untuk kebutuhan proyek Feronikel Halmahera Timur yang nilainya mencapai US$ 1,6 miliar namun ANTM hanya kebagian jatah sebesar US$ 1 miliar. Nah, untuk pendanaan ini, ANTM sedang melakukan kajian terkait pendanaan ini antara akan mengeluarkan bond ataupun pinjaman perbankan atau gabungan keduanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar