Jumat, 12 Agustus 2011

Bursa Asia beri sinyal positif di akhir pekan

Bursa Asia beri sinyal positif di akhir pekan
TOKYO. Bursa acuan di Asia berjalan di zona positif pagi ini. Rupanya, lonjakan harga komoditas dan kinerja positif perusahaan menjadi obat kuat bursa regional pada akhir pekan ini.

Pada pukul 09.16 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 0,5% menjadi 122,69. Kenaikan ini berhasil mengurang penurunan dalam sepekan menjadi sebesar 2,6%.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 naik 0,14% menjadi 8.994,11 dan indeks S&P/ASX Australia naik 1,5% menjadi 4.203. Sedangkan indeks Hang Seng turun 0,95% menjadi 19.595,10.

Bursa Asia mulai pulih setelah jatuh 13% terhitung sejak 1 Agustus lalu akibat kecemasan mengenai krisis utang Eropa dan pertarungan politik mengenai batasan utang AS.

Namun, sejumlah data positif berhasil membuat bursa Asia bangkit. Sebut saja data pengajuan klaim pengangguran AS yang menurun dan data penjualan ritel AS yang diprediksi bakal mengalami kenaikan tertinggi dalam empat bulan.

Sementara itu, pemerintah Prancis, Spanyol, Italia, dan Belgia akan mengeluarkan kebijakan pelarangan short selling mulai hari ini untuk menstabilkan pasar setelah saham-saham perbankan Eropa jeblok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar