Jumat, 12 Agustus 2011

Wall Street Rebound, Dow Jones Melesat 423 Poin

New York - Saham-saham di bursa Wall Street berbalik arah dengan cepat. Aksi perburuan oleh investor yang sudah lelah melihat kejatuhan saham, mampu membuat indeks saham melonjak hingga 4%.

Lonjakan indeks saham pada Kamis kemarin membuat perdagangan di Wall Street pada pekan ini berlangsung bak yo-yo. Indeks S&P yang sempat merosot hingga 17% sejak 22 Juli, kini kondisi pasar sudah menunjukkan tanda-tanda menguat.

"Ini pasar yang menyerupai lompatan dengan tali elastis. Kita sudah turun jauh dari jembatan kecil, namun kemudian tali elastis menarik kita ke atas lagi," ujar Fred Dickson, chief market strategist D.A Davidson & Co seperti dikutip dari Reuters, Jumat (12/8/2011).

Pada perdagangan Kamis (11/8/2011), indeks Dow Jones industrial average ditutup melonjak 423,37 poin (3,95%) ke level 11.143,31. Indeks Standard & Poor's 500 juga menguat 51,88 poin (4,63%) ke level 1.172,64 dan Nasdaq melonjak 111,63 poin (4,69%) ke level 2.492,68.

Investor menggunakan hasil laporan keuangan Cisco dan penurunan klaim tenaga kerja AS sebagai katalis untuk melawan pelemahan saham-saham. Kekhawatiran seputar meluasnya krisis utang Eropa juga sudah mulai mereda setelah adanya pertemuan antara Presiden Prancis Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel.

Indeks Volatilitas CBOE atau VIX juga sudah turun 9,3%, meski masih mendekati level tertingginya. Perdagangan juga berjalan sangat ramai, dengan transaksi di New York Stock Exchange mencapai 12,99 miliar lembar saham, di atas estimasi rata-rata harian sebesar 7,8 miliar.

"Kita melihat aliran order beli bersih dari investor ritel disini, jadi mereka sedang melakukan perburuan. Saya belum melihat ada orang yang memanggil saya dan mengatakan 'Ini yang saya miliki. Katakan kepada saya apa yang bisa saya jual' dan saya telah melihat itu pada periode volatilitas tinggi lainnya," imbuh Dickson.

Sektor yang mencatat kinerja terbaik adalah finansial, dengan indeks finansial S&P tercatat melonjak hingga 6,3% dan semikonduktor yang naik 5,2%. Demikian pula Dow Jones Transportation Average naik 4,3%.

Saham Cisco System melonjak hingga 16% menjadi US$ 15,92, sehari setelah melaporkan pendapatan dan labanya yang melebihi ekspektasi para analis.

(qom/qom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar