Kamis, 28 Juli 2011

ADB: Semester I 2011, performa pasar saham Indonesia terbaik di Asia

ADB: Semester I 2011, performa pasar saham Indonesia terbaik di Asia
JAKARTA. Asian Development Bank (ADB) merilis hasil risetnya bertajuk Asia Economic Monitor untuk semester I 2011. Salah satu pembahasannya mengulas mengenai pasar saham dan pergerakan mata uang Asia.

Menurut ADB, pasar saham di emerging market Asia mengalami kondisi beragam (mixed) pada paruh pertama tahun ini. Kondisi itu sejalan dengan pertumbuhan ekonomi di kawasan regional yang moderat dan diperketatnya kebijakan moneter.

"Pada semester I 2011, pasar saham Asia tampil beragam. Bursa saham dengan performa terbaik adalah pasar saham Indonesia yang melonjak 7,4%," jelas ADB. Sementara, pasar saham dengan performa terburuk adalah Vietnam dengan penurunan nyaris 11,2%.

Kendati demikian, mengacuhkan pelemahan yang terjadi saat ini, pasar saham emerging market Asia masih tetap berada di atas level pre-crisis. Sebagai perbandingan saja, indeks Dow Jones Industrial Average dan FTSE 100 mengalami kenaikan sejauh ini. Namun, Nikkei 225 melorot.

Sementara itu, mayoritas mata uang Asia mengalami apresiasi terhadap dollar AS pada paruh pertama tahun ini. Penguatan tersebut melanjutkan tren apresiasi tahun lalu. ADB mencatat, mata uang dengan performa terbaik adalah won Korea Selatan sebesar 6,4%. Satu-satunya mata uang yang terdepresiasi adalah dong Vietnam, yang terdevaluasi hingga 9,3% pada Febuari lalu seiring tingginya defisit dan rendahnya cadangan devisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar