Kamis, 28 Juli 2011

Beban bunga melonjak, saham INDS bergerak liar

JAKARTA. Saham PT Indospring (INDS) pagi ini dilanda aksi jual. Per pukul 09.59, saham INDS turun 0,81% menjadi Rp 6.100. Padahal, pada transaksi sebelumnya, saham INDS sempat melaju hingga bertengger di posisi Rp 6.200.

Pergerakan saham INDS yang volatil menurut Kepala Riset eTrading Securities Betrand Reynaldi, terkait dengan kinerja perusahaan di sepanjang semester I 2011.

"Kami melihat bahwa kenaikan laba bersih INDS sebesar 59% pada semester pertama 2011 merupakan hal yang positif," jelasnya. Dia menambahkan, kenaikan laba bersih emiten yang bergerak di bidang usaha spare part kendaraan bermotor ini didukung oleh kenaikan signifikan penjualan dan efisiensi pada beban pokok.

Namun demikian, efisiensi yang dilakukan INDS belum diterapkan pada beban usahanya. "Kenaikan beban bunga dan kerugian dari penjualan aset tetap juga memberatkan kinerja keuangan INDS pada semester I.

Sebagai informasi, laba per saham dasar (basic EPS) turun dari semula Rp 1.050 per saham di semester pertama 2010, menjadi Rp 737 per saham pada periode yang sama tahun ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar