Kamis, 21 Juli 2011

Bursa Asia Berjuang Lanjutkan Penguatan

Headline
INILAH.COM, Sydney – Bursa Jepang dan Korea melemah, meskipun bursa Australia naik tipis pada awal perdagangan Kamis (21/7). Pertemuan kunci Eropa mengenai krisis utang Yunani menjadi fokus pasar.

Indeks Nikkei Stock Average turun tipis 0,1%, dan indeks Kospi di Korea Selatan kehilangan 0,2%, meskipun indeks S&P/ASX 200 Australia naik tipis 0,3% ditunjang kenaikan saham sumber daya dan finansial.

Pasar Tokyo dan Seoul melompat 1,2% pada Rabu kemarin, sementara Sydney mengakhiri sesi naik 1,8%, di tengah optimisme meningkatnya prospek untuk kesepakatan utang AS sebelum batas waktu 2 Agustus.

“Tapi harapan itu memudar selama perdagangan AS kemarin, dan negosiasi untuk menaikkan batas utang AS melemah," menurut ahli strategi di Barclays Capital, demikian dikutip dari yahoofinance.com.

Produsen mobil melemah di Tokyo, setelah membukukan laba yang kuat, dengan Honda Motor Co turun 0,6%.

Samsung Electronics Co turun 1,5% di Korea Selatan, dan LG Chem Ltd turun 4,3% setelah melaporkan bahwa laba kuartal turun 3,3% dibandingkan tahun lalu, di tengah melemahnya industri. Saham Hynix Semiconductor Inc kehilangan 0,6% setelah membukukan penurunan laba bersih 34% pada kuartal kedua karena harga chip yang lebih rendah.

Perusahaan tambang menguat di Sydney, dengan harapan atas data manufaktur China. BHP Billiton Ltd naik 0,6%, sementara Newcrest Mining Ltd naik 0,9%, setelah perusahaan melaporkan bahwa produksi emas kuartal keempat naik 16%.

Saham perbankan juga menguat di Australia, dengan Australia & New Zealand Banking Group Ltd naik 0,9%.

Pemimpin zona Euro akan bertemu di Brussels untuk mencoba menuntaskan solusi definitif untuk masalah utang kawasan.

Surat kabar Financial Times melaporkan bahwa Jerman dan Perancis telah mencapai kesepakatan bersama tentang bailout Yunani.

Para ahli strategi di Barclays Capital mengatakan bahwa setiap diskusi terkait konsolidasi fiskal Uni Eropa berpotensi menghasilkan solusi melegakan yang berkelanjutan. [ast]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar