Kamis, 21 Juli 2011

Harga karet bikin beban produksi GJTL naik

Harga karet bikin beban produksi GJTL naik
JAKARTA. Harga karet yang meroket rupanya menjadi sentimen negatif bagi PT Gajah Tunggal Tbk (GJTL). Kenaikan harga bahan baku ban tersebut membuat biaya produksi melonjak tinggi.

Menurut Catharina Widjaja, Sekretaris Perusahaan GJTL, di kuartal pertama saja kenaikan harga karet mencapai 30%. Padahal harga bahan baku ban tersebut setara 80% dari total komponen harga pokok produksi.

Meski begitu, perusahaan pembuat ban ini optimistis penjualan hingga akhir tahun masih bisa tumbuh hingga 25%. Tahun lalu, GJTL berhasil membukukan penjualan bersih Rp 9,85 triliun. "Kenaikan penjualan itu akan ditopang oleh kenaikan volume produksi dan harga jual," kata Catharina, Rabu (20/7).

Untuk itu, GJTL akan terus meningkatkan kapasitas produksi hingga 2012 nanti. Produsen ban GT Radial ini menargetkan kapasitas produksi ban radial bisa mencapai 45.000 ban pada tahun ini dan 50.000 ban pada 2012. Per semester pertama lalu, kapasitas produksi ban radial GJTL sudah mencapai 42.000 unit.

Selain itu, GJTL menargetkan kapasitas produksi ban sepeda motor bisa bertambah hingga 105.000 ban selama setahun. "Hingga semester pertama, kapasitas produksinya sudah mencapai 90.000 ban per tahun.

Sekadar info, volume produksi GJTL tahun lalu mencapai 37.000 unit ban radial. Sementara kapasitas produksi ban sepeda motor mencapai 75.000 unit per tahun.

Dengan penambahan produksi, GJTL menargetkan penjualan bisa meningkat hingga mencapai US$ 2 miliar dalam lima tahun.

Hingga semester pertama saja kapasitas produksi ban radial sudah mencapai 42.000 ban per tahun. Sedang untuk ban sepeda motor, GJTL menargetkan hingga tahun 2012 kapasitas produksi akan bertambah menjadi 105.000 ban ban per tahun. "Hingga smester pertama, kapasitas produksinya sudah mencapai 90.000 ban per tahun.

Dari penambahan kapasitas produksi ini, dalam lima tahun kedepan GJTL menargetkan angka penjualan bisa mencapai US$ 2 miliar dalam tempo lima tahun. Catharina yakin target tercapai Chatarina beralasan, target ini bisa tercapai bila melihat meningkatnya perkembangan proyek-proyek infrastruktur. Hal ini akan yang meningkat, hal itu diperkirakan bisa mendongkrak industri otomotif.

Selain itu, GJTL saat ini juga tengah menjajaki kerjasama sebagai pemasok ban dengan beberapa perusahaan otomotif. "Saat ini kami menjajaki kerja sama dengan Proton dan Daihatsu," beber Catharina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar