Kamis, 21 Juli 2011

Sinyal positif Yunani, emas berpeluang terkoreksi dari level rekornya

Sinyal positif Yunani, emas berpeluang terkoreksi dari level rekornya
LONDON. Emas kemungkinan turun dari level rekornya di London. Peluang koreksi emas seiring kesepakatan antara Jerman dan Perancis untuk penanganan krisis utang Yunani. Hal ini mengurangi permintaan emas sebagai aset lindung nilai.

Para kepala negara di kawasan Euro akan bertemu hari ini untuk kedua kalinya untuk mencari jalan keluar atas mentoknya upaya bailout baru bagi Yunani.

Emas untuk pengiriman segera melemah US$ 1,70 atau 0,1% ke US$ 1.598,80 per ons troy, pada pukul 9.22 pagi di London. Sebelumnya, emas sempat naik 0,3% hari ini, dan mencapai rekor di US$ 1.610,10 perons troy, pada 19 Juli. Kontrak emas untuk pengiriman Agustus di Comex, Nymex melemah 0,1% ke US$ 1.598 per ons troy hingga pukul 16.36 WIB, setelah mencapai rekor US$ 1.610,70 pada 19 Juli.

Peter Fertig dari Quantitative Commodity Research Ltd. menyebut, emas sedikit terkoreksi setelah kesepakatan antara Prancis dan Jerman terkait Yunani. "Ini sedikit mengurangi kekhawatiran runtuhnya Yunani," ujar Peter, di di Hainburg, Jerman.

Namun, manajer perdagangan logam mulia dari Heraeus Ltd. Dick Poon bilang, permintaan investasi masih sangat kuat karena masih sangat banyak ketidakpastian pada ekonomi global.

Pemerintahan Obama mengisyaratkan kemungkinan menerima kenaikan jangka pendek batas utang AS, hanya jika hal itu dikombinasikan dengan pemangkasan defisit. Obama akan bertemu dengan petinggi partai Demokrat pada 2 Agustus untuk menaikkan batas utang.

Manajer operasional Yinjian Futures Co. Steven Zhu menilai, sebagaimana AS dan Eropa bergerak mendekati penyelesaian masalah utang mereka, maka emas kemungkinan akan mengalami sedikit tekanan jual. "Namun, sampai ada tanda-tanda yang jelas bahwa segala sesuatu berjalan baik di dunia, kami mendukung emas sebagai sarana perlindungan investasi," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar