Kamis, 21 Juli 2011

Optimisme investor atas Eropa bikin euro perkasa

Optimisme investor atas Eropa bikin euro perkasa
NEW YORK. Pergerakan euro perkasa. Bahkan penguatannya merupakan yang terbesar dalam seminggu belakangan versus dollar. Salah satu pemicunya, investor optimistis, politisi Eropa akan mengambil langkah untuk menghasilkan resolusi mengenai krisis utang Eropa pada pertemuan yang berlangsung hari ini.

Asal tahu saja, pada pukul 17.00 waktu New York, euro menguat 0,4% menjadi US$ 1,4215 dari sebelumnya US$ 1,4156 sehari sebelumnya. Sementara, posisi euro tak banyak berubah atas yen yang berada di level 111,99 yen. Sedangkan dollar melemah 0,5% menjadi 78,78 yen dari 79,18 yen.

"Investor saat ini tengah fokus mendengarkan rencana para pemimpin Eropa dan berharap mereka akan mendengar berita positif pada Kamis besok (hari ini)," jelas Kathy Lien, director of currency research online trader GFT Forex di New York.

Sementara itu, dollar Kanada menyentuh level paling perkasa atas dollar, setelah bank sentral menaikkan prediksi inflasinya. Kondisi itu meningkatkan spekulasi, kalau bank sentral Kanada akan segera menaikkan suku bunga acuan. Dollar Kanada menguat 0,3% menjadi 94,74 versus dollar. Ini merupakan level terkuat sejak November 2007 lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar