Senin, 22 Agustus 2011

Bursa Jepang masih terkapar pagi ini

Bursa Jepang masih terkapar pagi ini
TOKYO. Bursa saham Jepang masih meneruskan penurunannya pagi ini. Dengan demikian, kemerosotan bursa acuan di Negeri Sakura ini sudah terjadi selama empat hari berturut-turut. Kondisi itu bahkan menyeret indeks Topix ke level terendah dalam dua tahun terakhir.

Pada pukul 09.58 waktu Tokyo, indeks Nikkei 225 Stock Average turun 0,2% menjadi 8.701,37, setelah sebelumnya sempat naik 0,4%. Sedangkan indeks Topix turun 0,4% menjadi 748,56, level terendah sejak 16 Maret 2009.

Saham-saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Jepang antara lain: Toyota Motor Corp turun 1,9%, Hino Motors Ltd anjlok 2,3%, dan Canon Inc naik 0,6%.

Salah satu sentimen yang juga turut mempengaruhi bursa Jepang adalah pernyataan Menteri Keuangan Yoshihiko Noda, pihaknya tengah bersiap mengambil langkah untuk memangkas apresiasi yen. Noda bilang, dirinya lebih merasa cemas akan penguatan yen setelah bertengger ke posisi 75,95 per dollar pada 19 Agustus lalu di New York. Dalam tiga bulan terahir, penguatan yen terhadap dollar sudah mencapai 6%.

"Investor masih mencemaskan mengenai penguatan ten setelah menguat ke rekor tertinggi atas dollar. Saham-saham berorientasi ekspor seperti otomotif dan elektronik akan dilanda aksi jual seiring terakumulasinya faktor negatif," papar Toshiyuki Kanayama, market analyst Monex Inc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar