Senin, 22 Agustus 2011

Optimisme asing kembali masuk, rupiah akhirnya menguat pagi ini

Optimisme asing kembali masuk, rupiah akhirnya menguat pagi ini
JAKARTA. Pagi ini, rupiah mengakhiri pelemahannya yang terjadi selama dua hari sebelumnya. Mata uang Garuda ini menguat karena optimisme asing akan menambah kepemilikannya di aset lokal untuk mengejar keuntungan dari pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Nilai tukar rupiah terhadap dollar terapresiasi 0,2% ke level Rp 8.548 per dollar AS pada pukul 8.30 di Jakarta. Dan, hingga perdagangan pukul 10.16 WIB, rupiah juga masih cenderung menguat di Rp 8.554 per dollar AS.

Pada 16 Agustus lalu, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono di hadapan DPR menyebutkan produk domestik bruto Indonesia akan naik 6,5% tahun ini. Ini yang tertinggi sejak 1998 silam.

Head of treasury PT Bank Resona Perdania Lindawati Susanto menyebut, sentimen positif prospek ekonomi Indonesia ke depan mendukung mata uang. "Angka pertumbuhan ekonomi juga mendongkrak masuknya dana asing," ujarnya, hari ini, di Jakarta.

Pada tahun ini, rupiah tercatat sudah menguat 5% karena dana asing yang masuk ke pasar saham mencapai US$ 1,9 miliar hingga 19 Agustus kemarin. Sementara, dalam tahun ini, kepemilikan asing di surat utang pemerintah nak 24% menjadi Rp 242 triliun per 16 Agustus 2011.

Data Inter-Dealer Market Association menunjukkan, imbal hasil obligasi pemerintah yang jatuh tempo Juli 2021 bergerak tipis ke 6,94% pada pekan kemarin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar