Senin, 22 Agustus 2011

Tangani Pelabuhan, META Dirikan Portco

Headline
INILAH.COM, Jakarta - PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) akan mendirikan anak usaha untuk menangani divisi pelabuhan yaitu PT Portco.

Hal itu disampaikan Direktur Keuangan PT Nusantara Infrastructure Tbk, Danni Hasan, seusai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPLSB), Senin (22/8). "Kita akan dirikan divisi pelabuhan tapi tergantung dari ijin pemerintah. Pendirian ijin anak usaha ini diharapkan dapat dilakukan pada September," ujar Danni.

Lebih lanjut ia mengatakan, nilai aset perseroan dapat meningkat menjadi Rp3 triliun hingga Rp4 triliun apabila akuisisi pelabuhan dapat dilakukan.

Perseroan mengharapkan pendapatan sebesar Rp230 miliar hingga Rp250 miliar pada 2011. Kenaikan pendapatan ini didukung dari kenaikan volume kendaraan dan kenaikan tarif tol sebesar 15% pada September 2011. Perseroan menargetkan volume kendaraan sebesar 60 juta volume kendaraan pada 2011.

Hingga Juli, volume kendaraan sudah mencapai sebesar 30 juta hingga 40 juta volume kendaraan.

Sebelumnya perseroan akan melakukan refinancing anak usaha sebesar Rp740 miliar yang didapatkan dari BCA. Untuk mendapatkan pinjaman ini perseroan menjaminkan aset saham sebesar Rp1 triliun. Anak usaha perseroan memiliki utang sebesar Rp740 miliar kepada Bank Mega dan Bank Mega Syariah.

Perseroan mencatatkan rugi bersih sebesar Rp25,57 miliar pada semester pertama 2011. Pertambahan rugi bersih ini karena membengkaknya beban usaha dan beban lain dari Januari hingga Juli 2011.Pendapatan perseroan mencatatkan kenaikan 19,4% atau Rp106,21 miliar pada semester pertama 2011 dari periode sama sebelumnya Rp88,95 miliar.

Komisaris META, Darjoto Setyawan mengatakan, dengan akuisisi yang akan dilakukan perseroan diharapkan dapat memperbaiki EBITDA. Dengan ebitda positif maka laba bersih perseroan akan positif. [hid]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar