Senin, 22 Agustus 2011

Spekulasi kebijakan baru the Fed membuat mata uang Asia perkasa atas dollar

Spekulasi kebijakan baru the Fed membuat mata uang Asia perkasa atas dollar
SINGAPURA. Mata uang Asia ramai-ramai perkasa atas dollar pagi ini. Kali ini, penguatan dipimpin oleh won milik Korea Selatan. Beredar spekulasi, the Federal Reserve akan segera menelurkan kebijakan baru pada pekan ini untuk mendongkrak kembali pertumbuhan ekonomi AS. Hal itu membuat outlook ekspor Asia menjadi positif.

Asal tahu saja, the Fed akan menggelar simposium rutinan di Jackson Hole, Wyoming pada 26 Agustus mendatang. Pada awal bulan ini, dikabarkan the Federal Open Market Committee tengah bersiap-siap untuk mengeluarkan kebijakan baru atau yang lebih dikenal dengan istilah quantitative easing.

"Pasar saat ini tengah menunggu langkah the Fed untuk memperbaiki kondisi perekonomian AS sehingga bisa mendongkrak kembali tingkat kepercayaan investor. Perlambatan ekonomi di sejumlah negara maju mulai berdampak ke Asia," jelas Calbert Loh, head of treasury Bangkok Bhd di Kuala Lumpur.

Catatan saja, pada pukul 12.14 waktu Seoul, won menguat 0,4% menjadi 1.083,30 per dollar. Sementara itu, ringgit Malaysia menguat 0,3% menjadi 2,9745, dollar Singapura menguat 0,2% menjadi S$ 1,2095, dan dollar Taiwan menguat 0,2% menjadi NT$ 29,013. Sementara, rupiah menguat 0,1% menjadi 8.553 per dollar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar