Senin, 15 Agustus 2011

Penjualan ritel AS jadi pendorong bursa Asia

Penjualan ritel AS jadi pendorong bursa Asia
TOKYO. Mayoritas saham di bursa Asia melaju pagi ini. Salah satu sentimen positif yang memacu pergerakan bursa Asia diantaranya peningkatan penjualan ritel AS yang mengalami lonjakan terbesar dalam empat bulan. Selain itu, tingkat Produk Domestik Bruto Jepang juga mengalami kontraksi lebih rendah ketimbang prediksi.

Pada pukul 09.49, indeks MSCI Asia Pacific naik 0,8% menjadi 122,94. Sementara, indeks Nikkei 225 Stock Average naik 1,3% dan indeks S&P/ASX 200 naik 1,8%. Sedangkan pasar saham saham di India dan Korea Selatan ditutup karena libur nasional.

Saham-saham yang mempengaruhi pergerakan bursa Asia antara lainL Toyota Motor Corp naik 2,4%, BHP Billiton Ltd naik 3,4%, dan Ansell Ltd naik 4,3%.

"Investor sebelumnya masih cemas akan perekonomian AS. Namun, setelah adanya kenaikan penjualan ritel AS, kecemasan tersebut mulai mereda. Kemungkinan akan ada aksi beli untuk saham-saham eksportir dan saham berkapitalisasi besar," jelas Kazuhiro Takahashi, general manager Daiwa Securitoes Capital Markets Co di Tokyo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar