Senin, 04 Juli 2011

Mayoritas bursa Asia alami reli di atas 1% pagi ini

Mayoritas bursa Asia alami reli di atas 1% pagi ini
TOKYO. Mayoritas bursa Asia dibuka menguat. Saham-saham eksportir melaju kencang setelah data manufaktur AS untuk bulan Juni secara tidak terduga melampaui estimasi analis.

"Kenaikan pada indeks manufaktur menunjukkan tingkat konsumsi AS meningkat. Kondisi itu juga memberikan sinyal perekonomian global akan kian pulih hingga akhir tahun ini," jelas Takero Inaizumi, head of equity research Mizuho Investors Securities Co.

Pada pukul 09.34 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 0,9% menjadi 136,76. Kendati begitu, bursa Asia sudah melorot 3,8% dari posisi tertingginya tahun ini pada 2 Mei lalu hingga 1 Juli yang diakibatkan kecemasan akan perlambatan ekonomi AS, krisis utang Eropa, dan langkah China untuk menahan laju inflasi.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang naik 1,3%, indeks Kospi Korea Selatan dan indeks S&P/ASX 200 Australia naik masing-masing 1%.

Sejumlah saham yang mempengaruhi pergerakan bursa Asia diantaranya Samsung Electronics Co naik 2,8% di Seoul, Toyota Motor Corp naik 2% di Tokyo, Honda Motor Co naik 2,7% di Tokyo, dan BHP Billiton Ltd naik 0,9% di Sydney.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar