Senin, 04 Juli 2011

Saham Bank dan Otomotif Angkat Bursa Asia Naik

Headline
INILAH.COM, Sydney - Bursa saham Asia menguat pada Senin (4/7), didorong kinerja yang kuat dari produsen mobil Jepang dan bank, serta reli di bursa Wall Street pekan lalu.

Indeks Nikkei Stock Average naik 1,2%, sementara indeks S & P / ASX 200 Australia naik 1%, dan indeks Kospi Korea Selatan naik 0,9%.

Apresiasi ini mengikuti kinerja yang kuat untuk pasar ekuitas AS pada Jumat, ketika ISM yang lebih baik dari estimasi memicu optimisme kodnisi manufaktur AS. Amerika merupakan pasar ekspor utama untuk Asia.

Autos adalah beberapa pemain terbaik di Jepang, dengan Honda Motor Co naik 2,6% dan Toyota Motor Co naik 1,7%.

Pemulihan atas utang Eropa, meredakan kekhawatiran pasar dan mendukung ekuitas global pekan lalu. Kemajuan untuk Yunani berlanjut selama akhir pekan, dengan menteri keuangan zona euro menandatangani tahap bantuan berikutnya bagi Negeri Para Dewa tersebut.

Sektor finansial reli di seluruh wilayah, dengan Mitsubishi UFJ Financial Group Inc naik 2% di Tokyo, dan Macquarie Group Ltd naik 1,4% di Sydney.

Saham lain yang melesat di Asia termasuk Bridgestone Corp Jepang, yang naik 2,3% setelah mengumumkan akan menaikkan harga untuk beberapa bank kendaraan beratnya.

Maskapai penerbangan Australia juga menguat, dengan Qantas Airways Ltd naik 5,1% dan Virgin Blue Holdings Ltd naik 7%. Kenaikan ini terjadi menyusul larangan terbang Australia untuk maskapai murah Tiger Airways Singapura. [ast]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar