Senin, 04 Juli 2011

Pasar tak lagi cemas akan AS dan Yunani, wajah bursa Asia sumringah

Pasar tak lagi cemas akan AS dan Yunani, wajah bursa Asia sumringah
TOKYO. Mayoritas saham di bursa Asia mengalami lonjakan. Salah satu faktor yang menjadi pendorong bursa di kawasan regional adalah kenaikan saham-saham eksportir setelah data manufaktur AS melesat lebih tinggi ketimbang proyeksi analis.

"Lonjakan yang terjadi pada manufaktur AS menunjukkan tingkat konsumsi di negara itu mulai membaik. Pasar saat ini tak lagi mencemaskan mengenai masalah perlambatan ekonomi AS dan utang Yunani," jelas Takero Inaizumi, head of equity research Mizuho Investors Securities Co.

Catatan saja, pada pukul 16.02 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 1,3% menjadi 137,31. Sementara, indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang naik 1%, indeks Kospi Korea Selatan naik 0,9%, indeks S&P/ASX 200 Australia naik 0,4%, dan indeks Hang Seng Hongkong naik 1,6%. Sedangkan indeks Shanghai Composite Index China naik 1,9%.

Saham-saham yang mempengaruhi pergerakan bursa Asia antara lain: Samsung Electronics Co naik 2,7% di Seoul, Toyota Motor Corp naik 1,5% di Tokyo, Honda Motor Co naik 3,5% di Tokyo, dan BHP Billiton Ltd naik 0,6% di Sydney.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar