Rabu, 13 Juli 2011

Peringkat utang Irlandia terpangkas, euro melemah terhadap yen

Peringkat utang Irlandia terpangkas, euro melemah terhadap yen
SINGAPURA. Mata uang euro melemah ke level terendahnya dalam empat bulan terakhir terhadap yen, setelah Moody's memangkas utang negara Irlandia. Hal ini meningkatkan kekhawatiran krisis utang Eropa yang kian memburuk.

Euro melemah 0,3% terhadap yen ke level 110,41 yen pada pukul 6:20 waktu Tokyo. Kemarin (12/7) nilai tukar euro berada di level 109,58 yen, dan menjadi yang terendah sejak 17 Maret 2011.

Indeks 17 mata uang utama dunia bergerak tipis terhadap dollar AS setelah menyentuh angka US$ 1,3837, yang menjadi level terendah sejak 11 Maret 2011 dan diperdagangkan mendekati rekor terendah terhadap Swiss franc karena kekhawtiran krisis utang di Eropa akan menyebar ke Italia.

Mata uang dollar AS diperdagangkan di level 78,92 yen setelah sebelumnya menyentuh angka 78,50 yen. Level itu menjadi yang terendah sejak 17 Maret 2011.

"Ini hanya kejutan kecil seperti biasanya, pasar sudah mulai terbiasa dengan kondisi terkini. Semua mulai stabil," ujar Charles St-Arnaund Foreign-exchange Strategist Nomura Holdings Inc di New York.

Alan Ruskin Global Head of Group of 10 foreign exchange strategy Deutsche Bank AG bilang, mata uang euro melemah akibat investor menghindari investasi yang berkaitan dengan Eropa. Itu sebabnya mata uang yen menguat tak hanya mata uang Swiss franc," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar