Rabu, 13 Juli 2011

Setelah dua hari tertekan, rupiah menguat 0,4% sore ini

Setelah dua hari tertekan, rupiah menguat 0,4% sore ini
JAKARTA. Setelah dua hari sebelumnya cenderung tertekan, rupiah menguat pada perdagangan sore ini. Otot rupiah terangkat seiring meningkatnya kepemilikan asing di surat utang negara dan saham guna mengejar keuntungan dari percepatan pertumbuhan ekonomi.

Rupiah terapresiasi 0,4% ke level Rp 8.548 per dollar AS, hingga pukul 4.25 sore di Jakarta. Ini penguatan terbesarnya sejak 1 Juli, ketika mata uang Garuda ini terapresiasi 0,5%.

Kemarin, Gubernur Bank Indonesia menyebut, produk domestik bruto mungkin akan meningkat 6,3% hingga 6,8% di tahun ini, setelah bertumbuh 6,2% di tahun lalu. Inflasi melambat di 5,54% pada Juni lalu, dan kemungkinan akan berkisar 4% hingga 6% di tahun ini.

Kepemilikan asing di surat utang negara meningkat 22% di tahun ini hingga 8 Juli lalu menjadi Rp 239,3 triliun. Adapun, pembelian asing di saham Indonesia mencapai US$ 1,7 miliar, lebih besar dari yang mereka lepas di tahun ini.

"Pertumbuhan kuat dan inflasi terkendali. Faktor ini mendukung minat investor masuk ke aset Indonesia, sehingga menopang rupiah" ujar analis PT Bank Commonwealth Mika Martumpal, hari ini.

Sore ini, harga obligasi pemerintah bertenor 10 tahun bergerak tipis. Adapun, data Inter-Dealer Market Association menunjukkan, imbal hasil obligasi yang jatuh tempo Juli 2021 stganan di level 7,32%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar