Selasa, 14 Juni 2011

Mandiri Kucurkan Kredit US$200 Juta ke Newmont

Medium
INILAH.COM, Jakarta – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk memberikan kredit sebesar US$200 juta PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) untuk jangka waktu 6 tahun.

“Dari kredit US$600 juta, Mandiri memberikan kredit sebesar US$ 200 juta atau 30% nya dari keseluruhan dana itu,” tukas Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, Riswinandi, usai penandatangan kredit dengan PT Newmont Nusa Tenggara di Jakarta, Selasa (14/6).

Riswinandi menjelaskan, kredit tersebut diberikan kepada PT NNT dikarenakan perusahan tersebut digolongkan perusahan blue chip company. Namun, begitu terkait bunga yang diberikan kepada perusahan tambang emas tersebut hal itu tetap mengacu pada mekanisme pasar. “Bunga sesuai dengan market, karena dia blue chip company jadi prime rate. Namun begitu semuanya tetap mengacu pada level, karena memang polanya demikian,” ujar dia.

Dia menambahkan, industri pertambangan dalam 10 tahun terakhir mengalami kemajuan yang sangat menjanjikan. Oleh sebab itu, Bank Mandiri berencana mengembangkan pasar kredit yang kooperartif. Dalam transaksi pinjaman tersebut, Bank Mandiri juga bertindak sebagai Onshore Security Agent dan Onshore USD/IDR Account Bank.

Selain dengan Bank Mandiri, PT NNT mendapat pinjaman dari 16 Bank Internasional berjumlah US$ 600 juta. 3 Bank terbesar menyumbang sebesar US$400 juta yang terdiri dari Bank Mandiri US$200 juta, BNP Paribas US$125 Juta dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) sebesar US$75 Juta sementara kredit lainnya atau sisanya (US$200 juta) berasal dari beberapa bank nasional maupun asing. [hid]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar