Selasa, 14 Juni 2011

Inflasi China Bakal Topang Bursa Eropa

Headline
INILAH.COM, Jakarta - Saham Eropa terlihat stabil pada Selasa (14/6) setelah data makro ekonomi China memicu penguatan saham Asia, sementara beberapa investor melihat valuasi yang menarik setelah terjadi retreat selama enam minggu.

Mengutip Reuters, Indeks FTSE 100 diperkirakan akan dibuka naik 11 sampai 20 poin atau naik sebanyak 0,4 persen, DAX Jerman dibuka turun 14 poin untuk kemudian naik 24 poin, meningkat sebanyak 0,3 persen, dan CAC40 Prancis dibuka turun 16 poin untuk kemudian naik 6 poin, atau naik sebanyak 0,2 persen. London FTSE ditutup naik 7,66 poin pada hari Senin ke level 5.773,46, indeks DAX naik 15,24 poin ke 7.085,14 dan CAC40 Paris ditutup naik 2,52 poin ke 3.807,61. Saham Telekomunikasi didukung oleh keuntungan di Vodafone yang naik 0,9 persen.

Saham AS ditutup mixed pada Senin mengikuti downgrade peringkat kredit Yunani oleh Standard and Poor's ke level terendah, sementara terjadi offset keuntungan dari sebuah kegiatan M & A.

Di Asia, pasar terutama lebih tinggi pada hari Selasa, namun kekhawatiran atas utang Yunani mengimbangi penguatan.

Angka inflasi dan output industri China memberikan dukungan ekonomi di negara ekonomi terbesar kedua di dunia ini sehingga tidak terlalu agresif meningkatkan pengetatan moneter, sekaligus menaikkan minat ke aset berisiko. Franc Swiss mendekati rekor tertinggi terhadap euro di Asia pada hari Selasa, terutama karena kekhawatiran atas krisis utang di negara-negara zona euro dan peringkat baru utang Yunani.

Mata uang tunggal diperdagangkan di 1,2053 franc Swiss, turun 0,09 persen, setelah mencapai rekor rendah pada 1,2004 franc di New York. Euro terhadap dolar pulih dari dua minggu terendah sekitar $ 1,4319 untuk perdagangan terakhir di $ 1,4413. Sebuah kebingungan dari data perusahaan akan dirilis pada hari Selasa, termasuk laporan perdagangan kuartal pertama dari raksasa retail Inggris Tesco, Carphone Warehouse dan Glencore's yang diperkirakan pada pukul 07:00 waktu London. Di Inggris, angka inflasi untuk Mei akan diumumkan pukul 09:30 waktu London, dengan data CPI Spanyol untuk April keluar pukul 8.00 am waktu London.

Di Brussels, para menteri keuangan zona euro akan bertemu untuk makan malam pada hari Selasa untuk membahas perbaikan regulasi keuangan Uni Eropa untuk menghindari krisis utang masa depan dan sebagai persiapan untuk pertemuan Eurogroup pada tanggal 20, di mana diharapkan bahwa paket penyelamatan kedua untuk Yunani akan disetujui. Di Paris, Kepala Bank Perancis Christian Noyer akan memberikan laporan bank pada pukul 8:00 waktu London.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar