Selasa, 14 Juni 2011

Vallar Akan Terbitkan Obligasi Konversi Q3 2011

Headline
INILAH.COM, Jakarta - Vallar Plc diperkirakan akan menerbitkan obligasi konversi senilai US$2,07 miliar kepada PT Bumi Resources Tbk (BUMI) pada kuartal ketiga 2011.

Hal itu disampaikan Direktur PT Bumi Resources Tbk Dileep Srivastava lewat pesan singkat yang diterima INILAH.COM, Selasa (14/6). "Obligasi tersebut akan dicatatkan dan diperdagangkan di bursa saham London. Oleh karena itu obligasi konversi senilai US$2,07 miliar adalah seperti setara kas yang selain arus kas internal kuat yang dapat digunakan untuk memotong utang termasuk kemungkinan pinjaman CIC," ujar Dileep.

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) memiliki utang kepada CIC sebesar US$1,9 miliar pada 2009. Menurut Dileep, dengan obligasi tukar tersebut juga menjadi strategi BUMI untuk melunasi saldo utang dan memperkuat neraca.

Selain itu, Dileep menuturkan, alasan BUMI menjual saham PT Bumi Resources Mineral Tbk (BRMS) untuk fokus pada bisnis pertambangan dan sesuai dengan bisnis yang dijalankan sekarang. BUMI pun mendapatkan keuntungan langsung pendanaan dari Vallar Plc, dan PT Bumi Resources Mineral Tbk pun mendapatkan keuntungan menarik. Terkait Vallar Plc harus melakukan tender offer. Dileep mengatakan, Vallar Plc akan berdiskusi dengan otoritas pasar modal terkait rencana tender offer.

Sebelumnya BUMI telah menandatangani Sale and Purchase Shares Agreement (SPA) dengan BUMI Plc, Vallar UK Limited dan Vallar Plc sehubungan dengan penjualan atau pembelian 20.854.263.529 saham atau sekitar 75% saham di BRMS.

Harga saham yang dijual disepakati sebesar Rp850 per saham atau senilai Rp17,73 triliun yang merupakan 21,9% premium dari harga rata-rata penutupan saham BRMS dalam 30 hari sebelum 27 Mei 2011 sehingga harga seluruh saham yang dijual harus dibayar pembeli sekitar US$2.069.600.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar