Selasa, 14 Juni 2011

Yunani, Negara dengan Peringkat Utang Terburuk di Dunia

Athena - Krisis utang yang tak kunjung usai menempatkan Yunani sebagai negara dengan peringkat utang terburuk di dunia versi Standard & Poor's (S&P).

Peringkat utang terburuk itu diraih setelah S&P menurunkan peringkat Yunani pada Senin (13/6/2011) kemarin. S&P memangkas peringkat sovereign credit Yunani menjadi 'CCC', atau 4 tahap sebelum default, dari peringkat sebelumnya di 'B'

Setelah penurunan itu, kini peringkat utang Yunani lebih rendah dibandingkan negara-negara seperti Pakistan dan Ekuador. Kedua negara tersebut sudah 'didepak' dari pasar internasional sejak mengalami default pada 2009.

Langkah S&P tersebut membuat peringkat Yunani berada 1 notch di bawah peringkat Moody's di 'Caa1', sementara Fitch memberikan peringkat kepada Yunani di 'B+'. Hal ini membuat peringkat S&P Yunani merupakan yang terendah.

S&P mengatakan, peringkat utang jangka panjang Yunani masih negatif, yang merupakan tanda-tanda kemungkinan penurunan peringkat dalam 12-18 bulan ke depan.

S&P mengatakan, para pembuat kebijakan di Eropa sepertinya akan mengenakan kebijakan restrukturisasi utang Yunani, baik melalui swap surat utang atau memperpanjang tenor obligasi, yang berarti membuat pemegang obligasi swasta Yunani lainnya harus ikut berbagi beban.

"Dalam pandangan kami, setiap transaksi sepertinya akan memiliki syarat yang kurang nyaman jika dibandingkan dengan refinancing, yang sebaliknya kita pandang secara de facto sebagai default menurut kriteria S&P," ujar S&P dalam pernyataannya seperti dikutip dari Reuters, Selasa (14/6/2011).
(qom/dnl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar