Selasa, 14 Juni 2011

Anak Usaha Medco Resmi Aliri Gas ke Kota Tarakan

Logo Medco
JAKARTA - Anak usaha PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC), PT Medco E&P resmi mengalirkan gas untuk rumah tangga di Kota Tarakan, Kalimantan Timur.

Untuk Kota Tarakan ini, pemerintah membangun jaringan distribusi gas bumi sebanyak 3.366 sambungan rumah di Keluarahan Karang Balik dan Sebengkok. Pasokan gas sendiri disediakan oleh PT Medco E&P sebanyak 0,7 MMSCFD.

”Ini merupakan salah satu partisipasi BP Migas dan PT Medco untuk memenuhi kebutuhan domestik. Hal ini patut dibanggakan dan bisa dijadikan contoh bagi Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) lainnya dalam mendukung program pemerintah,” kata Dirjen Migas Evita H Legowo dalam situs resmi Ditjen Migas di Jakarta, Selasa (14/6/2011).

Peresmian pengaliran gas untuk rumah tangga di Kota Tarakan, merupakan salah satu upaya pemerintah meningkatkan pelayanan umum, ekonomi daerah serta kesejahteraan masyarakat melalui penyediaan energi yang murah, bersih, aman dan mudah pemakaiannya. ”Pembangunan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga juga merupakan program pemerintah untuk mengurangi beban subsidi,” tambah Evita.

Pembangunan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga dilakukan pemerintah karena badan usaha tidak tertarik melakukannya akibat minimnya keuntungan.

Kementerian ESDM mendapat penugasan penyediaan infrastruktur ini melalui Peraturan Presiden No 19 tahun 2009 tentang Rencana Kerja Pemerintah tahun 2010 dan Inpres No 1 tahun 2010 tentang Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan Nasional Tahun 2010 serta melalui rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR.

Pada 2009, pembangunan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga telah dilaksanakan di Kota Palembang dan Surabaya, di mana masyarakat di kedua kota tersebut telah menikmati pelayanan pemerintah dalam penyediaan gas bumi sebagai energi murah, bersih dan aman. Sementara untuk 2010, pemerintah membangun infrastruktur di Kota Tarakan, Depok, Bekasi, dan Sidoardjo.

”Mengingat terbatasnya anggaran pemerintah, Pemerintah Kota Tarakan diharapkan dapat mengembangkan dan membangun infrastruktur jaringan gas bumi untuk rumah tangga sehingga dapat terbentuk gas kota di Tarakan,” ujar Evita.

Program pembangunan jaringan distribusi gas bumi, dilakukan di kota-kota atau daerah yang memiliki atau dekat dengan sumber gas bumi. Diutamakan daerah yang telah memiliki fasilitas jaringan gas bumi karena akan meringankan pembiayaan yang berasal dari APBN.
(wdi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar