Selasa, 14 Juni 2011

Antam Kembangkan Proyek Spon Iron dengan KS

Medium
INILAH.COM, Jakarta - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) mengembangkan proyek spon iron bersama PT Krakatau Steel Tbk dengan total investasi sebesar Rp1,5 triliun.

Perseroan mengharapkan produksi bisa dilakukan awal tahun depan. "Kita ada kerjasama dengan PT Krakatau Steel untuk produksi bahan baku spon iron ke Krakatau Steel. Porsi proyek ini sebesar 65% untuk Krakatau Steel dan 35% untuk PT Aneka Tambang Tbk," ujar Direktur Utama Tbk PT Aneka Tambang Tbk Alwinsyah Lubis, Selasa (14/6).

Alwinsyah menuturkan, produksi diharapkan 300 ribu ton per tahun dari proyek tersebut. Pembiayaan investasi untuk proyek tersebut sekitar Rp600 miliar. "Untuk commisioning proyek ini diharap akhir tahun ini," tutur Alwinsyah.

Selain itu, Antam sedang fokus melakukan beberapa proyek pada 2011 antara lain Chemical Grade Alumina (CGA) Tayan senilai US$450 juta, Feronikel Halmahera sebesar US$1,6 miliar di mana US$600 juta berasal dari PLN, proyek untuk meningkatkan efisiensi pabrik di Pomala, proyek nickel pig iron Mandiodo senilai US$350 juta-US$400 juta, dan proyek smelter grade alumina Mempowa sebesar US$1 miliar. Alwinsyah menuturkan, pendanaan untuk proyek Antam sekitar 65% dari pendanaan pinjaman dan 35% dari equity. Total pendanaan diperkirakan sekitar US$2,9 miliar.

Perseroan juga telah merealisasikan dana belanja modal sebesar Rp1,5 triliun hingga Mei 2011. Belanja modal yang dianggarkan sebesar Rp3,9 triliun pada 2011. "Dana belanja modal tersebut telah digunakan untuk proyek CGA, pembebasan lahan," tambah Alwinsyah. [cms]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar