Rabu, 18 Mei 2011

Setelah lima hari dilanda aksi jual, bursa Asia hari ini tampak menawan

Setelah lima hari dilanda aksi jual, bursa Asia hari ini tampak menawan
TOKYO. Mayoritas saham di bursa regional mengalami lonjakan. Kondisi itu mengantarkan indeks acuan Asia melesat untuk pertama kali dalam lima hari. Beberapa penyebabnya, adanya perbaikan laporan kinerja perusahaan serta spekulasi merger dan akuisisi sejumlah perusahaan.

Pada pukul 15.20 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 1,1% menjadi 135,34. Sementara, indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang naik 1% dan indeks Kospi Korea Selatan naik 1,6%. Sementara itu, indeks Hang Seng naik 0,6%.

Sejumlah saham yang mempengaruhi pergerakan bursa Asia antara lain: Fairfax Media Ltd yang naik 4,3% di Sydney, Austar United Communications Ltd naik 6,1% di Sydney, dan Mizuho Financial Group Inc yang naik 3,2% di Tokyo. Selain itu, kenaikan juga dialami oleh Tokyo Electric yang naik 2,4% setelah perusahaan ini mengajukan rencana untuk menangani kerusakan yang terjadi di pembangkit nuklir paling cepat pada Oktober mendatang.

"Semakin meningkatnya aktivitas korporat merefleksikan bahwa neraca perdagangan perusahaan cukup stabil," jelas Matt Riordan dari Paradice Investment Management Pty di Sydney.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar