Rabu, 18 Mei 2011

TBIG Berminat Akuisisi Tower Milik EXCL dan ISAT

INILAH.COM, Jakarta - PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) berminat untuk mengakuisisi menara tower yang ditawarkan oleh perusahaan telekomunikasi seperti PT XL Axiata Tbk dan PT Indosat Tbk.

Hal itu disampaikan Direktur PT Tower Bersama Infrastructure Tbk, Hadi O di Jakarta, Rabu (18/5). "Untuk growth Tower Bersama secara pertumbuhan organik dan melalui akuisisi baik terhadap menara tower. Apabila XL dan Indosat menjual tower signifikan maka kita ikut berpartisipasi," tutur Hadi.

Sementara itu, Direktur Keuangan PT Tower Bersama Infrastructure Tbk, Helmy S. mengatakan, pihaknya tidak mengalami kendala pendanaan untuk akuisisi. Perseroan masih memiliki kas sebesar Rp880 miliar per Maret 2011 dan pinjaman sebesar US$2 miliar. "Apabila dana itu belum cukup maka kita akan meminjam, karena kita masih mempunyai leverage ratio sebesar 2,1 kali.," tambah Helmy.

Perseroan berencana akan menambah tenant sebesar 300-400 tenant per kuartal. Hingga kuartal pertama 2011, tenant bertambah menjadi 365 tenant. Perseroan akan membangun menara untuk operator telekomunikasi seperti XL, Indosat, dan Telkomsel. "Dalam pipeline ada penambahan menjadi lebih dari 500 tower," kata Helmy.

Kontribusi pendapatan perseroan sekitar 48,4% dari grup Telkom seperti Telkomsel dan Flexi sedangkan sisanya dari operator telekomunikasi lainnya.

Seperti diketahui, perseroan mencatatkan pendapatan sebesar Rp671,4 miliar dan laba bersih sebesar Rp326,7 miliar pada 2010. Perseroan telah merealisasikan belanja modal sebesar US$30 juta pada kuartal pertama 2011, total belanja modal sebesar US$120 juta pada 2011.

Rencananya perseroan akan mengganggarkan dana belanja modal sebesar US$35 juta pada kuartal kedua 2011. [hid]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar