Senin, 08 Agustus 2011

Hatta: Jangan Anggap 'Enteng' Kondisi AS

Headline
INILAH.COM, Jakarta - Kendati kondisi fundamental bursa saham RI kuat, namun Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan untuk tidak mengganggap enteng kondisi AS dan Eropa yang masih lemah.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada akhir pekan lalu ditutup anjlok 4,86%. Pelemahan masih berlanjut hingga pembukaan pagi ini dengan turun 1,6% dan berlanjut turun 4,34%.

"Saya kira ini fenomena global, jadi tidak usah panik. Ini imbas dari apa yang terjadi di AS dan Eropa. Tidak menyentuh sama sekali dari fundamental bursa saham kita, karena harus kita akui fundamental emiten kita bagus," ujar Hatta di kantornya, Senin (8/8).

Ia pun yakin bahwa bursa saham lokal akan segera pulih karena aliran dana asing (capital inflow) masih deras masuk ke Indonesia. "Dan saya akan merasa indoensia akan cepat pulih nanti karena bagaimanapun flight to quality - dana itu akan mengalir ke tempat yang berkualitas. Oleh karena itu Indonesia atau emerging country itu berkualitas maka flight dia (dana asing) ke tempat-tempat itu," ungkapnya.

Namun, ia menekankan untuk tetap waspada dan tidak menganggap enteng kondisi yang kuat tersebut. "Nah, pandai-pandai kita. Memang kita harus mewaspadai, jangan menganggap enteng, semua kita itu punya instrumen ada sesuatu yang kita lakukan, tapi sejauh ini tidak perlu panik. Quality ada di kita," tandasnya. [cms]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar