Senin, 08 Agustus 2011

Inilah Lima Sektor Saham Pilihan Trimegah

Headline
INILAH.COM, Jakarta - Research Trimegah Securities menilai lima sektor ekonomi di Indonesia memiliki prospek positif dan masih akan menjadi daya tarik investor saham di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Lima sektor itu antara lain perbankan, batu bara, crude palm oil (CPO), metal dan ritel. Analis saham PT Trimegah Securities Tbk, Hanel Tania mengatakan, sektor perbankan telah menjadi sektor favorit investor. Namun, investor telah banyak beli saham perbankan.

Hanel menuturkan, pertumbuhan ekonomi, peningkatan penghasilan dan potensi investasi akan menjadi pendorong utama pertumbuhan kredit. Tapi, defisit pasokan pendanaan telah terbukti selama 10 tahun terakhir dan akan sangat dipengaruhi keadaan makro ekonomi secara keseluruhan.

Pengetatan moneter dan persaingan semakin ketat juga akan memaksa bankir untuk mengambil risiko yang lebih tinggi demi mempertahankan keuntungan.

"Dengan pengetatan moneter dan bankir akan mengambil risiko untuk mempertahankan keuntungan sehingga bank dapat menghasilkan profit tanpa perlu meningkatkan profil resiko mereka secara berlebihan," ujar Hanel, dalam siaran pers yang diterbitkan, Senin (8/8).

Lebih lanjut ia mengatakan, perbankan sebagai pendukung jalannya roda perekonomian akan diuntingkan dari pertumbuhan ekonomi yang disebabkan perbaikan struktur demografi ke depan. Tapi, valuasi yang relatif cukup tingii akan membuat saham di sektor perbankan akan memberikan return sejalan dengan peningkatan keuntungan tahunan.

Pihaknya pun merekomendasikan saham PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), dan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA). "Ketiga bank tersebut merupakan bank yang memiliki kapasitas untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia baik dari sisi konsumsi mapun investasi," kata Hanel.

Hanel menambahkan, top pick saham adalah BBNI. Hal ini dikarenakan secara keseluruhan resiko neraca BBNI akan menurun sejalan dengan perbaikan kinerja fundamental. [hid]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar