Senin, 08 Agustus 2011

Indeks Anjlok Lebih Baik Ketimbang Turun Pelan

Headline
INILAH.COM, Jakarta - Investor diminta tidak panik mengingat penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mencapai level 3.749 atau turun 4,40% pada perdagangan saham Senin (8/8) pukul 11.19 WIB.

Pengamat pasar modal David Cornelis menuturkan, pemberitaan akhir pekan lalu mengenai penurunan rating utang Amerika Serikat dari AAA menjadi AA+ oleh lembaga pemeringkat S&P memberikan sentimen negatif terhadap bursa saham global termasuk bursa saham Indonesia. IHSG secara teknikal pun dinilai memiliki peluang untuk melemah cukup besar sejak penembusan rekor baru pada bulan lalu. David memprediksikan, IHSG akan berada di level support terdekat di level 3.730 pada Senin (8/8)."Investor tidak perlu panik selama tidak menggunakan margin dalam bertransaksi," ujar David saat dihubungi Senin (8/8).

David menilai, penurunan IHSG ini dinilai lebih baik sifatnya ketimbangan penurunan yang pelan tapi sistematis. IHSG pun diprediksikan akan stabil dalam dua hingga tiga hari ke depan."Penurunan yang cepat, drastis dan dramatis ini sifatnya hanya temporer karena hanya tercipta oleh dua hari saja, tidak firm untuk dikatakan bearish karena sifatnya bukan sistematis, kemungkinan besar akan reversal dua hingga tiga hari ke depan, ini hanya temporer, jangan panik," kata David.

David juga menyarankan investor tidak menggunakan margin terlebih dahulu. Ia merekomendasikan buy on weakness. [cms]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar