Senin, 08 Agustus 2011

Saham IMAS terperosok hingga 10% di transaksi pagi

JAKARTA. Saham PT Indomobil Sukses Internasional (IMAS) melorot tajam. Pada pukul 10.07, saham IMAS terperosok hingga 10,62% menjadi Rp 10.100.

Sepertinya, aksi jual tersebut terkait dengan aksi PT Tritunggal Intipermata (TIP) yang baru saja meningkatkan kepemilikan sahamnya di IMAS. Asal tahu saja, TIP melakukan pembelian sejumlah 4,78 juta saham IMAS melalui proses transaksi di bursa. Pembelian itu dilakukan pada tanggal 29 Juli 2011 dengan harga sebesar Rp 12.000 per saham.

Menurut Betrand Reynaldi, Kepala Riset eTrading Securities, aksi beli yang dilakukan oleh TIP sekilas terlihat seperti aksi buyback untuk mempertahankan proporsi kepemilikan saham perusahaan atas IMAS. Hal ini disebabkan pada saat right issue kemarin, TIP tidak mengeksekusi haknya sehingga proporsi kepemilikannya sahamnya turun dari sebelumnya 23,61% menjadi 17,71%. Pada saat itu, harga eksekusi right issue perusahaan sebesar Rp 8.000 per saham.

"Boleh jadi hal ini dilakukan oleh TIP dengan mempertimbangkan outlook perusahaan yang dianggap bagus, mengingat tujuan investasi yang dilakukan oleh perusahaan bukan sekedar investasi jangka pendek yang lebih menekankan pada aspek trading, namun lebih berupa investasi strategis jangka panjang yang dilakukan dengan mempertimbangkan potensi perusahaan," paparnya. Hal ini terbukti dengan kinerja perusahaan yang terbilang cukup cemerlang terhitung tahun 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar