Senin, 08 Agustus 2011

Bursa Eropa Melemah Senin Pagi

Headline
INILAH.COM, London - Sektor pertambangan memimpin pelemahan bursa Eropa pada pembukaan Senin (8/8) yang terseret sentimen downgrade utang AS menjadi AA+ oleh S&P.

Indeks FTSE turun 0,19% ke 5.237, indeks DAX turun 0,14% ke 6.227 dan indeks CAC naik 0,6% ke 3.298. Pasar mengharapkan pelemahan dapat ditahan kesepakatna pemimpin G7 yang akan mengambil tindakan untuk menjaga kestabilan dan likuiditas pasar. Bank Sentral Eropa (ECB) juaga sudah komitmen untuk membeli obligasi Italia dan Spanyol.

Saham komoditi yang kinerjanya tergantung pada prospek ekonomi yang kuat menjadi sektor yang mengalami pelemahan terdalam. "Investor tetap gelisah untuk sementara waktu dengan pergerakan. Kami merekomendasikan investor untuk memegang uang tunai dalam mengantisipasi volatilitas," kata Kepala trander di Brewin Dolphin, Mike Lenhoff yang fikutip dari yahoofinance.com.

Namun dengan keputusan ECB untuk membeli obligasi Italia dan Yunani akan dapat memberikan sentimen di pasar.

Pada Jumat malam pekan lalu, AS kehilangan rating AAA menjadi AA+ untuk kredit jangka panjang yang dikeluarkan oleh lembaga rating S&P. Rating AS dipangkas menjadi AA dengan kekhawatiran defisit anggaran dan peningkatan beban utang. Hal ini akan meningkatkan biaya kredit bagi pemerintah AS, perusahaan dan masyarakat.

Bursa Asia melemah cukup tajam seperti indeks Hang Seng turun 3,5% ke 20.204, indeks Nikkei turun 2,1% ke 9.097, indeks Shanghai turun 4,1% ke 2.518 dan indeks ASX turun 2,9% ke 3.986.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar