Selasa, 09 Agustus 2011

Potensi rebound tipis

Keberhasilan indeks saham bangun di sesi kedua pada perdagangan awal pekan membesarkan hati para analis. Mereka memprediksi, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), hari ini, berpeluang mengalami rebound.

Kepala Riset Recapital Securities Pardomuan Sihombing memprediksi, IHSG, Selasa (9/8), bergerak di kisaran 3.780-3.920. "Volatilitas masih tinggi, tapi ada potensi rebound," ujar dia. Prediksi Pardomuan ini merujuk pada selective buying yang berlangsung pada sesi perdagangan kedua, Senin (8/8).

Sentimen penurunan peringkat utang Amerika Serikat, ujar Pardomuan, belum berdampak ke fundamental ekonomi Indonesia. "Dampaknya lebih psikologis, pasar kaget," kata Pardomuan.

Analis Sinarmas Securities Eddy Wijaya juga menduga indeks akan rebound hari ini, dengan support 3.737 dan resistance 3.915. "Indeks sudah turun jauh," ujar dia.

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS diramal juga akan bergerak fluktuatif. "Rupiah akan cooling down," tutur Kepala Market Treasury ANZ Panin Willing Bolung. Proyeksi Willing, trading range hari ini berkisar Rp 8.490 hingga Rp 8.530 per dollar AS.

Senada dengan Pardomuan, Willing menilai penurunan peringkat utang AS tidak membawa dampak langsung ke ekonomi Indonesia,
Penurunan peringkat utang AS memangkas IHSG, kemarin, hingga 1,82% menjadi 3.850,27. Sentimen yang sama kemarin menjadi pendorong rupiah hingga menguat 0,27%. Kurs di pasar spot, kemarin, Rp 8.525 per dollar AS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar