Selasa, 09 Agustus 2011

Penurunan Rating Utang AS Picu Kenaikan Bunga

Headline
INILAH.COM, Jakarta - Sebelum S&P, lembaga rating asal China juga sudah menurunkan peringkat surat utang Amerika. Bagaimana rating itu mempengaruhi ekonomi Amerika dan dunia?

Dengan rating yang lebih rendah, dari AAA ke AA+, pemerintah Amerika akan membayar bunga lebih tinggi untuk surat utangnya agar menarik investor. Konsekuensinya setelah itu adalah bunga kredit, bunga kartu kredit, bunga pinjaman untuk konsumsi juga akan terdorong naik.

"Sejumnlah ahli memperkirakan bunga akan naik antara 50 hingga 70 basis poin," tulis Marc Davis seperti dilansir investopedia.com, Senin (8/8/11).

Bunga itu akan terus bergerak naik selama krisis ini berlangsung.

Dengan biaya untuk bisnis meningkat dengan naiknya biaya kredit, mudah untukmenebak bahwa pemulihan ekonomi akan berkangsug lambat.

Meskipun rating AA+ sebenarnya taklah buruk-buruk amat, hanya satu tingkat di bawah rating paling bagus AAA, namun persepsi global melihat ada masalah keuangan di pemerintah Amerika. Mereka memprediksikan tahun-tahun mendatang akan ada tambahan utang dan politik akan makin memanas.

Lalu jika surat utang Amerika dilihat agak berisiko, dimanaka di investor akan menempatkan uangnya? Masih banyak negara dengan rating AAA. Ada Hong Kong, Kanada, dan Australia. [ram]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar