Selasa, 09 Agustus 2011

Aksi Sell Off AS Tulari Bursa Asia Pagi Ini

Headline
INILAH.COM, Sydney - Saham Asia memperpanjang koreksi pada awal perdagangan Selasa (9/8), setelah sell-off besar-besaran di pasar ekuitas AS semalam, yang melemahkan kepercayaan investor yang sudah rapuh.

Indeks Nikkei Stock Average turun 3,8% di menit awal perdagangan, sedangkan indeks Australia, S & P / ASX 200 kehilangan 3,9%. Indeks Kospi Korea Selatan anjlok 4,7%.

Keterpurukan itu terjadi setelah Dow Jones Industrial Average mencetak penurunan keenam terbesar dalam sejarah semalam, menyusul penurunan peringkat utang AS akhir pekan lalu.

"Langkah downgrade yang belum pernah terjadi sebelumnya menciptakan bayang-bayang lain pada pemulihan AS dan pada kecepatan pemulihan global," kata Andrew McLaughlin, kepala ekonom di Royal Bank of Scotland.

Saham bank anjlok tajam di perdagangan Amerika, dengan Bank of America Corp terjun 20%. Kerugian keuangan AS tersebut menular ke Asia. Nomura Holdings Inc turun 5,5% dan Mitsubishi UFJ Financial Group Inc turun 4,3% di Tokyo. Di Sydney, National Australia Bank Ltd kehilangan 4% dan Macquarie Group Ltd anjlok 5,5%.

Sementara itu, dengan patokan minyak mentah berjangka Nymex di bawah US$ 80 per barel pada perdagangan elektronik, di tengah kekhawatiran tentang tren permintaan, perusahaan energi juga berjuang, dengan Inpex Corp Jepang turun 5,9%, dan Woodside Petroleum Ltd Australia turun 4,4%. [ast]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar