Kamis, 16 Juni 2011

Baliout Yunani Tak Pasti, Bursa Eropa Terpukul

Headline
INILAH.COM, London - Saham Eropa diperkirakan dibuka melemah pada Kamis (16/6) setelah jatuh tajam pada Rabu, akibat terpukul sentimen ketidakpastian bailout utang Yunani dan data manufaktur yang melemah di AS.

Mengutip Reuters, Perdana Menteri Yunani George Papandreou berencana untuk merombak kabinet dan meminta mosi kepercayaan dari parlemen terhadap aksi protes yang berlangsung Rabu. Sumber mengatakan kepada Reuters Rabu bahwa ia telah menawarkan pengunduran diri jika ini berarti pemerintah dari persatuan nasional akan mendorong melalui reformasi yang diperlukan untuk menyelamatkan Yunani dari default.

FTSE diperkirakan akan dibuka turun 12 poin, DAX Jerman diperkirakan turun 9 poin dan indeks CAC 40 Perancis turun 20 poin. London FTSE ditutup 60,58 poin menjadi 5.742,55 pada Rabu dengan penutupan terendah sejak 18 Maret 2011.

DAX Index turun 89,71 poin menjadi 7.115,08 dan indeks CAC 40 ditutup 57,73 poin ke 3.806,85.

Saham perifer di bawah tekanan, Thomson Reuters Peripheral Indeks Euro Zone Index turun 3,4 persen akibat Menteri Keuangan Zona Euro gagal menyepakati bagaimana membuat kreditor swasta berkontribusi untuk paket bailout baru untuk Yunani.

Saham AS ditutup melemah tajam karena dolar naik di tengah kekhawatiran penularan dari utang Yunani dan setelah pengumuman Papandreou yang akan membentuk pemerintahan baru. Data manufaktur Negara Bagian New York tiba-tiba menciut akibat kekhawatiran pasar selama bulan Juni yang juga memicu kekuatan ekonomi AS, dengan saham Asia dibuka lebih rendah pada hari Kamis. Euro merosot ke $ 1,4154, level terendah sejak 27 Mei.

Data ekonomi keluar pada Kamis antara lain buletin bulanan Bank Sentral Eropa yang keluar pada pukul 09:00 waktu London. Data dari CPI Italia untuk Mei juga akan keluar pukul 9:00 dan lapangan kerja untuk kuartal pertama Uni Eropa akan keluar pukul 10.00.

Di Perancis, laporan pasar minyak IEA untuk Juni akan keluar pukul 9:00 am waktu London. Di Inggris, angka penjualan ritel untuk bulan Mei dan data produksi mobil akan dirilis pada 09:30. Menteri Keuangan Perancis Christine Lagarde akan memberikan pidato di Paris mengenai sistem keuangan internasional pada pukul 09:00 waktu London.

Di London, pertemuan formal pertama dari Komite Kebijakan Keuangan interim akan berlangsung, dengan Gubernur Bank of England Mervyn King, di antara para anggota komite.

St Petersburg International Economic Forum (SPIEF) akan berlangsung pada hari Kamis dengan Presiden Rusia Dmitry Medvedev, Perdana Menteri China Hu Jintao dan Perdana Menteri Spanyol Jose Luis Zapatero semua diharapkan untuk hadir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar