Kamis, 16 Juni 2011

Saham Newmont Segera Mejeng di Bursa Semester II-2011

Jakarta - PT Newmont Nusa Tenggara akan tercatat sebagai emiten di semester II-2011. Masuknya Newmont di pasar modal Indonesia berpotensi meningkatkan kapitalisasi pasar hingga Rp 60 triliun.

Demikian disampaikan Direktur Utama BEI, Ito Warsito, di sela-sela diskusi Tantangan Pasar Modal Indonesia dalam Integrasi Pasar Modal ASEAN, Melalui Keterbukaan Informasi dan Penerapan IFRS, di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (16/6/2011).

"Newmont akan listing di semester II, Freeport menyusul kemudian," jelas Ito.

Namun kepastian Newmont untuk masuk masih harus dinantikan, termasuk dari BEI. Yang jelas dengan kedatangan Newmont sebagai emiten baru akan meningkatkan kapitalisasi pasar senilai Rp 60 triliun.

"Kita lihat nanti, apakah benar Rp 60 triliun. Yang pasti akan ada pertambahan yang cukup, karena Newmont salah satu yang ditunggu-tunggu," papar Ito.

Freeport pun diharapkan melakukan IPO. Namun Ito memperkirakan perusahaan emas asal AS ini baru akan menawarkan saham perdana kepada publik di 2012.

Memang BEI terus berburu calon emiten kakap. Salah satunya perusahaan pengelola sumber daya alam (SDA). Dengan fokus bisnis mereka yang mengeruk sumber alam negara, tentu perusahaan jenis ini layak menjadi emiten di BEI.

Sebelumnya, Presiden Direktur PT Newmont Nusa Tenggara, Martiono Hadianto menyampaikan proses IPO perseroan akan tertunda. Newmont masih fokus menyelesaikan divestasi sisa saham 7%.

"Ya Insyallah rencananya tahun ini, konsen divestasi dululah, habis divestasi baru kita ketemu lagi," ujarnya santai.

Newmont memang berencana melepas 10% saham baru untuk ditawarkan kepada publik. Rencana IPO ini sudah disetujui oleh 82,2% pemegang saham dalam RUPSLB 2010 lalu.

(wep/dnl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar