Kamis, 16 Juni 2011

Bursa AS mengalami penarikan dana terbesar dalam enam bulan terakhir

Bursa AS mengalami penarikan dana terbesar dalam enam bulan terakhir
BOSTON. Investor di AS di sepanjang minggu lalu banyak menarik dana dari bursa saham domestik. Bahkan, besaran dana yang ditarik merupakan yang terbesar dalam enam bulan terakhir setelah bursa saham anjlok akibat kecemasan investor bahwa pemulihan perekonomian AS akan tersendat.

Data yang dirilis oleh Investment Company Institute menunjukkan, dana yang diinvestasikan di pasar saham melorot sebesar US$ 5,46 miliar pada minggu yang berakhir 8 Juni. Ini merupakan penarikan dana terbesar sejak minggu yang berakhir 8 Desember lalu, di mana pada saat itu dana yang ditarik investor mencapai US$ 7,6 miliar. Data ICI juga menunjukkan, dana yang diinvestasikan di bursa saham internasional mengalami penarikan senilai US$ 291 juta pekan lalu.

Belakangan, data ekonomi AS memang menunjukkan angka negatif. Misalnya saja, manufaktur AS tumbuh dengan percepatan paling rendah dalam setahun belakangan pada Mei 2011. Selain itu, anggaran belanja konsumen hanya tumbuh mini, lebih kecil ketimbang prediksi pada April 2011. Sedangkan tingkat pengangguran AS secara tidak terduga melonjak ke level 9,1% pada bulan lalu.

Jika dihitung, penurunan indeks S&P 500 sudah melorot 7,2% dari posisi tertinggi dalam tiga tahun terakhir pada akhir April. Pemicunya, investor mempersiapkan diri untuk menyambut masa berakhirnya program quantitative easing the Federal Reserve.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar