Kamis, 16 Juni 2011

Newmont IPO, Kapitalisasi Pasar BEI Naik Rp60 T

INILAH.COM, Jakarta - Kapitalisasi pasar Bursa Efek Indonesia (BEI) akan bertambah Rp60 triliun apabila PT Newmont Nusa Tenggara mencatatkan saham perdana di BEI.

Hal itu disampaikan, Direktur Utama BEI, Ito Warsito di sela-sela diskusi Tantangan Pasar Modal Indonesia dalam Integrasi Pasar Modal ASEAN, Melalui Keterbukaan Informasi dan Penerapan IFRS di Jakarta, Kamis (16/6). "Newmont akan listing di semester II, Freeport menyusul kemudian," kata Ito.

Dengan NNT dapat mencatatkan saham perdana di BEI maka diperkirakan akan meningkatkan kapitalisasi pasar senilai Rp60 triliun. "Kita lihat nanti, apakah benar Rp 60 triliun. Yang pasti akan ada pertambahan yang cukup, karena Newmont salah satu yang ditunggu-tunggu," ujar Ito.

Selain NNT, PT Freeport Indonesia diharapkan dapat mencatatkan saham perdana di BEI. Ito memperkirakan, Freeport dapat mencatatkan saham perdana pada 2012.

BEI terus berburu calon emiten kakap. Salah satunya perusahaan pengelola sumber daya alam (SDA). Dengan fokus bisnis mereka yang mengeruk sumber alam negara, tentu perusahaan jenis ini layak menjadi emiten di BEI.

Sebelumnya, Presiden Direktur PT Newmont Nusa Tenggara, Martiono Hadianto mengatakan, proses IPO perseroan akan tertunda. NNT masih fokus menyelesaikan divestasi sisa saham 7%. "Ya Insyallah rencananya tahun ini, konsen divestasi dulu lah, habis divestasi baru kita ketemu lagi," tutur Martiono.

Perseroan memang berencana melepas 10% saham baru untuk ditawarkan kepada publik. Rencana IPO ini sudah disetujui oleh 82,2% pemegang saham dalam RUPSLB 2010 lalu. [hid]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar