Kamis, 16 Juni 2011

Yunani Bawa Bursa Asia Terendah 3 Bulan

Headline
INILAH.COM, Sydney – Bursa saham Asia jatuh, dengan indeks acuan berada di jalur kerugian terpanjang mingguan dalam tujuh tahun. Kerusuhan terhadap rencana langkah-langkah penghematan mengancam pemerintah Yunani dan pemulihan ekonomi global.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 2,1% menjadi 129,77, penutupan terendah sejak 18 Maret, di tengah kekhawatiran pemulihan dari krisis keuangan 2008 dan resesi global berikutnya. Sekitar enam kali lebih banyak saham turun ketimbang yang naik, dan 10 kelompok industri melemah, dipimpin saham material dan teknologi.

"Investor masih mendapatkan mimpi buruk dari kejadian 2008 dan tak seorang pun ingin hal ini terulang," kata Prasad Patkar pada Platypus Asset Management Ltd di Sydney. "Eropa memiliki potensi untuk krisis kredit global lain, yang merupakan kekhawatiran terbesar."

Indeks Nikkei 225 Stock Average tergelincir 1,6%, indeks Kospi Korea Selatan turun 2%, sedangkan indeks S & P / ASX 200 Australia turun 1,9%. Indeks Hang Seng di Hong Kong turun 1,9% dan indeks komposit Shanghai tergelincir 1,1% di tengah spekulasi baru bahwa China bersiap menaikkan suku bunga.

Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 sedikit berubah hari ini. Di New York, indeks merosot 1,7% kemarin atas kekhawatiran memburuknya krisis utang Eropa, sementara pemulihan ekonomi AS melambat.

"Itu titik lain kerusuhan di pasar, dengan krisis utang Uni Eropa lebih intensif dan pertumbuhan kehilangan momentum yang signifikan," ujar Nader Naeimi, strategist AMP Capital Investors Ltd. yang berbasis di Sydney "Sepertinya masih ada potensi penurunan lagi di pasar."

Pejabat Eropa sejauh ini gagal menyepakati rencana penyelamatan utang Yunani. Perdana Menteri George Papandreou akan mengumumkan pemerintah baru Yunani dan meminta kepercayaan parlemen ketika ia berusaha menekan anggota opsisi parlemen untuk kembali pada rencana penghematan yang bertujuan mengamankan bailout baru.

Papandreou berusaha menegaskan kembali kekuasaannya dalam pidato televisi, setelah polisi menggunakan gas air mata untuk membubarkan protes di Athena. Sekitar 8.000 pendemo tetap di luar Parlemen hingga larut malam.

Bank Sentral Eropa mengatakan, ancaman krisis utang Yunani yang berimbas ke sektor perbankan adalah risiko terbesar untuk stabilitas keuangan daerah. "Yunani bisa memiliki efek menular," kata Wakil Presiden ECB Vitor Constancio.

Li & Fung Ltd, pemasok mainan terbesar dunia, termasuk ke pengecer Wal-Mart Stores Inc dan Target Corp, turun 3,4% di Hong Kong, atas kekhawatiran kegagalan utang Yunani. Emiten ini anjlok terbesar dalam indeks Hang Seng tahun ini, mencatat kerugian terpanjang harian, setidaknya sejak 1992.

Cosco Pacific Ltd, operator fasilitas kontainer di Yunani yang berbasis di Hong Kong, turun 1,6%. Mazda Corp, produsen mobil Jepang yang mendapat 18% penjualan dari Eropa, tergelincir 1,5% di Tokyo.

BHP Billiton Ltd (BHP), perusahaan tambang utama dunia dari penjualan, tenggelam 1,9% di Sydney, karena harga minyak dan logam anjlok kemarin. Rio Tinto Group, perusahaan tambang terbesar kedua dunia dari penjualan, turun 2%. Jiangxi Copper Co, produsen logam utama China, turun 2,4% di Hong Kong. CNOOC Ltd, ekspedisi energi lepas pantai terbesar China, kehilangan 1,5%.

Minyak mentah untuk pengiriman Juli jatuh 4,6% menjadi US$ 94,81 per barel di New York kemarin, sementara London Metal Exchange Indeks harga enam logam industri termasuk tembaga dan aluminium turun 0,8%.

"Isu-isu Yunani menyeret dan kita tidak bisa optimis," kata Mitsushige Akino, di Tokyo Ichiyoshi Investment Management Co.

Di AS, laporan manufaktur wilayah New York tiba-tiba menyusut pada Juni, tanda industri masih menghadapi kekurangan komponen, menyusul gempa bumi dan tsunami Maret di Jepang. Sementara kepercayaan di antara homebuilders AS merosot pada Juni ke level terendah dalam sembilan bulan, karena eksekutif berubah jadi lebih pesimis tentang prospek penjualan.

Toyota Motor Corp, produsen mobil terbesar, turun 1,5% di Tokyo karena laporan menunjukkan ekonomi AS memburuk. Samsung Electronics Co, yang mendapat sebagian besar pendapatan luar negeri, turun 2,3% di Seoul. LG Electronics Inc, pembuat ponsel ketiga terbesar dunia dari penjualan, turun 1,8%.

HTC Corp, pembuat smartphone Taiwan yang mendapatkan setengah penjualan dari Amerika, jatuh 6,8% di Taipei, setelah UBS AG menghapusnya dari daftar saham teknologi pilihan.

Guangzhou R & F Properties Co, pengembang terbesar di China Selatan, merosot 4,1%. Belle International Holdings Ltd, peritel sepatu wanita terbesar di China dari nilai pasar, turun 2,8% di Hong Kong. Fanuc Corp, pembuat robot industri yang mendapat 50% penjualan di Asia, turun 2,2% di Tokyo.

Lotte Shopping Co, pemilik departemen-store terbesar Korea Selatan dari nilai pasar, anjlok 7,4% di Seoul, penurunan terbesar pada indeks MSCI Asia Pasifik. Perusahaan berencana menjual setara dengan US$ 401 juta dalam obligasi konversi yen karena Juli 2016, setelah opsi yang menaikkan penawaran dari sekitar US$ 200 juta. [mdr]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar