Kamis, 16 Juni 2011

Pendapatan tumbuh 55%, DEWA berhasil raih laba di kuartal I 2011

Pendapatan tumbuh 55%, DEWA berhasil raih laba di kuartal I 2011
JAKARTA. Kenaikan pendapatan menghantarkan PT Darma Henwa Tbk (DEWA) mampu mencetak laba bersih pada tiga bulan pertama di tahun ini.

Keterbukaan informasi DEWA menyebutkan, perseroan mengantongi laba bersih senilai US$ 7,77 juta pada kuartal pertama 2011. Padahal, pada periode yang sama tahun lalu, perusahaan masih menderita rugi bersih senilai US$ 3,49 juta.

Emiten yang bergerak di bisnis jasa pertambangan ini mampu mengantongi laba karena pendapatannya bertumbuh sebesar 55% menjadi US$ 69,32 juta. Kenaikan pendapatan itu disumbang oleh kenaikan produksi overburden sebesar 66%, dibandingkan periode sebelumnya.

Naiknya pendapatan menghantarkan DEWA meraih laba usaha senilai US$ 13,83 juta. Padahal, pada kuartal pertama 2009, DEWA masih mengalami rugi usaha senilai US$ 2,97 juta.

Sejatinya, beban usaha perseroan naik 16,2% dibanding triwulan pertama tahun lalu. Namun, kenaikan beban usaha itu masih lebih kecil dibanding peningkatan pendapatan yang mencapai 55%. Maka, DEWA berhasil mencetak laba bersih di awal tahun ini.

Adapun, tahun ini, perseroan sudah menyiapkan belanja modal (capex) yang sebagian besar dibiayai dari laba ditahan. "Selain itu, perusahaan akan melepas beberapa aset tidak produktif untuk membiayai capex," ujar Manajemen DEWA dalam keterbukaan informasi kepada BEI, hari ini.

Beberapa aset yang bakal dilepas berupa excavator terex berbagai tipe, dump truck berbagai tipe, juga dozer caterpillar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar